Saturday, May 3, 2008

Menanti Hasil LKS SMK 2008

Hari terakhir pertandingan LKS SMK 2008 untuk kategori IT telah berakhir hari ini, dengan beberapa pertandingan yang telah keliatan hasilnya. Sungguh melelahkan sekali, walaupun yang bertandinga adalah siswa dan saya hanya sebagai pendamping dari SMK TI Airlangga Samarinda.

Melihat beraneka ragam bentuk dan ekspresi wajah pada peserta yang telah 3 hari bergelut dengan soal-soal yang harus dikerjakan dan diselesaikan, sangatlah menambah lelah, betapa tidak.., untuk pertama kalinya saya mengikuti LKS ini dan membawa misi yang sungguh sanggat berat menurut saya, dikarenakan pengalaman pertama dan skenario pertandingan yang baru pertama kali di tandingkan untuk Kalimantan Timur.
Noor Rahmat adalah siswa peserta yang saya dampingi, melihat ekspresi wajahnya dari hari pertama hingga hari terakhir pertandingan membawa beban tersendiri. Ekspresi wajah yang sama sekali belum pernah saya lihat selama ini, keseriusan (sangat... serius bahkan), sehingga menjadi bahan lelucon teman-temannya. Beban...., ya itulah yang dia rasakan, wajah yang tampak sangat stress dan keliatan bingung hingga berakhirnya pertandingan dan gelisah menunggu hasilnya.
Tapi ada suatu pengalaman yang saya ambil dari semua itu, anak yang selama ini jarang sekali keliatan serius, ternyata beberapa hari ini sangat keliatan sekali bertanggung jawab walaupun dari tingkah lakunya dari luar tidak menampakan hasil itu.
Moga-moga besok mendapatkan hasil yang baik dari segala perjuangannya... Amien, walaupun tidak mendapatkan hasil yang terbaik setidaknya pengalaman yang dia terima membawa suatu bekal buat dirinya..

Dari balikpapan, sekian tulisan yang diketik sambil ngantuk-ngantuk.


0 Comments: